5 Tips Menolak Lamaran pernikahan Tanpa Menyakiti Sidia

in ,
5 Tips Menolak Lamaran pernikahan Tanpa Menyakiti Sidia
5 Tips Menolak Lamaran pernikahan Tanpa Menyakiti Sidia

Pengennya dilamar sama seseorang yang langsung klik di hati. Namun, kenyataannya yang datang justru seringkali yang tidak sesuai dengan harapan. Lamaran pernikahan kadang bukanlah hal yang perlu kamu setujui begitu saja. Kamu juga perlu banyak pertimbangan untuk bisa menerima lamaran seorang pria atau menolak lamaran pernikahan tersebut.

Mau menolak takut dia sakit hati. Bisa-bisa cinta ditolak dukun bertindak. Ngeri juga ya kan.

4 cara bijaksana saat menolak lamaran pernikahan

Jangan bingung, ini ada cara baik untuk menolak lamaran dari seseorang, seperti berikut ini.

1. Jangan menolak dengan cara yang menyakitkan

Cincin
5 Tips Menolak Lamaran Tanpa Menyakiti Sidia | ruangmuslimah

Cara yang pertama, Stop membahas tentang fisik atau status sosialnya, karena biasanya orang yang menolak lamaran pernikahan atas dasar fisik atau yang berbaur fisik pasti sangat menyakitkan bagi sidia.

Jika kamu bingung menyampaikan, pasrahkan pada orangtuamu. Musyawarahkan sebelum menjawab. Karena salah kalimat sedikit saja bisa berujung menyakiti hatinya. Pilihlah kata-yang baik dan sopan.

2. Jangan memberi harapan yang mengantung

Lamaran
islami

Terkadang topik pernikahan dan melamar datang di saat yang tak terduga, saat ngobrol biasa atau tanpa disengaja. Jika sudah menyinggung permasalahan ini, jangan sesekali terdengar atau terlihat memberinya harapan.

ARTIKEL TERKAIT •
Agar Tidak Kecewa saat Ta'aruf, Lakukan 5 Tips Ini

Kadang laki-laki mengira kamu mau dengannya setelah dia menunggu. Padahal sebetulnya kamu tidak mau. Kalo sejak awal sama sekali tidak tertarik bilang aja

Terkadang maksud pembicaraannya tidak terlontar secara jelas, terkadang hanya sekedar sindiran dan semacamnya. Buat keputusanmu tampak tegas namun tetap sopan saat menolak lamaran pernikahan.

3. Jangan menyebarkan penolakan

160587494
5 Tips Menolak Lamaran Tanpa Menyakiti Sidia |portaljember.pikiran-rakyat

Jaga harga diri laki-laki yg telah bersusah keras untuk memberanikan dirinya bertemu orangtuamu dan meminta izin pada mereka untuk melamarmu. Jaga rahasianya, jangan membuat dia berfikir buruh tentangmu karena menolak lamaran pernikahannya.

4. Pikirkan masa depan

Bagaimana Mengatasi Galau Karena Memikirkan Masa Depan Equznt0eyg
5 Tips Menolak Lamaran Tanpa Menyakiti Sidia |muslim.okezone

Memikirkan masa depan, ini merupakan masalah yang juga menjadi prioritas ketika kamu memutuskan untuk menikah, baik dari sisi dirimu maupun dari sisi pria yang melamarmu. Maka kamu harus berhati-hati saat menolak dan menerima pinangan seorang laki-laki, karena hal ini menentukan dimasa depan.

Apakah ada suatu hal yang membuatmu bisa menolak lamaran? Jika ada sesuatu yang mengganjal yang mungkin akan jadi masalah serius dan membuatmu sulit memutuskan untuk menikah, beri waktu untuk hal ini, jangan terburu-buru mengambil keputusan.

ARTIKEL TERKAIT •
Agar Tidak Kecewa saat Ta'aruf, Lakukan 5 Tips Ini

5. Jangan bangga setelah menolak

Perempuan Wanita Muslimah Hp Senyum Wa Tertawa Senang Bahagia 750x350 1
5 Tips Menolak Lamaran Tanpa Menyakiti Sidia | ruangmuslimah

Gimana kalo suatu ketika kamu ditolak oleh seseorang yang paling kamu harapkan di dunia ini? Bijaksana saat menolak lamaran pernikahan, kita tidak ada yang tau dimasa yang akan datang. Intinya jangan sombong ketika menolak lamaran seseorang.


Demikianlah saran dan masukan, semoga bermanfaat. Hanya kepada Allah Subhanahu Wata’ala kita berharap dan permohon petunjuk. Baca juga Dosakah Jika Seorang Istri Menolak Poligami?(Buka di tab peramban baru)

Berikan Nilai Untuk Konten ini