Dari Fitur Copy-Paste Hingga Cermin, 5 Penemu Ini Jarang Dikenali

in
Arthur Wynne
Credit Image: Naviri Magazine

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak hal yang kita gunakan yang berasal dari penemuan-penemuan hebat. Misalnya saja lampu, benda ini melalui proses yang panjang hingga akhirnya menjadi lampu seperti yang kita ketahui sekarang.

Selain itu, berkat Wright bersaudara yang mengembangkan rancangan pesawat terbang, kita dengan mudah berpergian ke tempat-tempat yang jauh.

Namun pernah kah kalian bertanya-tanya siapa penemu cermin? Nah, kali ini mari kita membahas penemu-penemu benda atau hal yang sering kita gunakan, namun sang penemu justru jarang dikenali.

1. Penemu Fitur Copy-Paste

Lawrence
Lawrence | flickr

Kalian pasti sudah tidak asing dengan fitur copy-paste pada komputer bukan? Nah, orang yang berjasa yang telah menemukan fitur tersebut ialah Lawrence Tesler. Berkat beliau, kita jadi mudah menyalin tulisan atau gambar yang sama tanpa harus mengetiknya kembali.

Lawrence menemukan metode ini pada tahun 1970-an, saat itu dia sedang meneliti program Smaltalk-76 yang berfungsi menyimpan data teks ke memori komputer.

Selain itu, fitur cut-paste juga ditemukan oleh beliau. Sehingga kita lebih mudah memindahkan teks maupun gambar.

ARTIKEL TERKAIT •
Sejarah Burung Kenari Masuk ke Indonesia dan Jean de Bethencourt. Apa Hubungannya?

2. Penemu Lensa Kontak

Adolf Eugen Fick German Physiologist Science Source
Adolf Eugen Fick | fineartamerica

Selain kaca mata, kita juga bisa menggunakan lensa kontak untuk membantu penghilihatan kita yang minus. Namun tahukah kamu, lensa kontak sudah ditemukan sejak tahun 1888.

Benda ini ditemukan oleh Adolf Gaston Eugen Fick, seorang ilmuwan dari Jerman. Meskipun ada beberapa pendapat lain, bahwa yang menemukan lensa kontak adalah August Muller dari Jerman dan Edouard Kalt dari Prancis.

3. Penemu Lipstik

Lawrence Levy
Maurice Levy | Source Image

Lisptik ditemukan oleh Maurice Levy, pewarna bibir ini dulunya berbentuk tabung dengan panjang 5 sentimeter. Seiring berjalannya waktu, lipstik temuannya mengalami perkembangan, yaitu adanya tabung yang dapat diputar hingga saat ini seperti yang kita ketahui.

4. Penemu Teka-Teki Silang

Arthur Wynne
Arthur Wynne | Source Image

Selain menyenangkan, permainan ini bisa melatih otak dan menambah wawasan kita. Berbeda dengan sekarang, dahulu kita bisa menemukan teka-teki silang pada majalah atau koran. Kini, seiring majunya teknologi, kita dengan mudah menemukan teka-teki silang di mana pun.

Penemu permainan ini sendiri ialah Arthur Wynne, ia merupakan seorang editor sebuah surat kabar di New York. Pertama kali, permainan ini dimuat pada 21 Desember 1913.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Teknologi Kecerdasan Buatan Menjadi Ancaman Bagi Calon Pekerja?

Jika kini kita akan menemukan kotak-kotak hitam pada teka-teki silang, dahulu, teka teki silang berbentuk jajargenjang dan tidak ada kotak hitamnya.

5. Penemu Cermin

Justus Von Liebig
Justus Von Liebig|famousinventors

Mungkin inilah benda yang paling sering digunakan oleh umat manusia. Tanpa cermin, kita tidak akan mengetahui penampilan kita seperti apa, apakah ada yang kurang atau justru ada yang terlalu mencolok pada diri kita.

Cermin ditemukan oleh Justus Von Liebig asal Jerman. Dia adalah seorang ahli kimia. Justus menemukan cermin dengan cara meletakkan lapisan tipis perak metalik di satu sisi kaca bening.

Kemudian ia menyepuhnya dengan air raksa. Jadilah cermin yang mempunyai efek pantul.

Referensi: bobo.grid.id

Berikan Nilai Untuk Konten ini