Kenali Fitur Discord, Aplikasi yang Viral Digunakan Kasus Perselingkuhan Pilot-Pramugari

Aplikasi Discord jadi sorotan karena skandal perselingkuhan antara pilot dan pramugari, berikut adalah fitur-fitur yang ada dalam aplikasi.

3
0

Baru-baru ini aplikasi Discord jadi sorotan karena skandal perselingkuhan antara pilot dan pramugari, berikut adalah beberapa fitur yang ada dalam aplikasi Discord.

Ira Nandha, seorang seleb TikTok dengan sebutan sebagai Ibu Kavi, baru-baru ini membeberkan perilaku tidak baik suaminya, Elmer Syahherman. Elmer merupakan seorang pilot maskapai Citilink yang terlibat perselingkuhan dengan seorang pramugari dari maskapai yang sama.

Kejadian dugaan perselingkuhan ini terungkap melalui percakapan di sebuah aplikasi. Ira Nandha mengunggah tangkapan layar obrolan yang penuh keakraban antara Elmer dan seorang pramugari yang bernama Bella Damaika di akun Instagramnya @iranndha.

Elmer dan Bella menggunakan fitur-fitur Discord yang memungkinkan mereka berkomunikasi melalui obrolan teks dan suara.

Baca Juga: Skandal Perselingkuhan Suami Ira Nandha Melalui Aplikasi Discord, Viral!

Apa itu Aplikasi Discord?

Discord adalah platform media sosial yang populer digunakan untuk berkomunikasi. Aplikasi ini jadi media dalam permainan game online untuk mendukung komunikasi antara para pemain. Keunggulan Discord terletak pada kemampuannya dalam mengirimkan pesan, yang lebih baik daripada fitur komunikasi yang ada di dalam game.

Menurut informasi yang tertera di Google Play, Discord merupakan platform di mana komunitas dapat berkumpul dan menjalin persahabatan. Ini adalah tempat di mana pengguna dapat berinteraksi dan bersenang-senang melalui pesan, suara, dan video.

Apapun kelompokmu, baik itu kelompok sekolah, grup game, komunitas seni internasional, atau sekedar teman-teman yang ingin menghabiskan waktu bersama, Discord mempermudahmu untuk berbicara dan berkomunikasi setiap hari.

Baca Juga: Apakah Selingkuh Ada Hubungannya dengan Faktor Genetik?

Fitur-fitur dalam Aplikasi Discord

aplikasi discord

1. Server

Server adalah lokasi di mana pengguna dapat membuat atau bergabung dengan komunitas sesuai dengan keinginan mereka. Setiap server memiliki berbagai macam saluran, peran, bot, emoji, dan lain-lain. Pengguna dapat membuat server mereka sendiri atau mencari server yang sesuai dengan minat mereka.

2. Channel

Channel merupakan ruang obrolan yang terdapat di dalam server. Terdapat dua jenis channel, yakni channel teks dan channel suara. Channel teks digunakan untuk mengirimkan pesan berupa teks, gambar, video, dan lain sebagainya. Sementara itu, channel suara digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lain melalui penggunaan mikrofon.

3. Role

Role merupakan status atau fungsi yang dapat diberikan kepada pengguna di dalam server. Fitur ini memiliki kemampuan untuk mengatur hak akses, mengubah warna nama, dan masih banyak lagi. Contohnya, terdapat peran admin, moderator, member, dan lain sebagainya.

4. Bot

Bot merupakan suatu program yang dapat menjalankan berbagai fungsi di dalam server. Fungsinya meliputi memberikan informasi, memutar musik, bermain game, dan lain sebagainya. Bot dapat dibuat sendiri atau diundang dari sumber lain.

5. Emoji

Emoji adalah simbol atau gambar yang digunakan untuk menunjukkan emosi atau reaksi. Dalam Discord, terdapat emoji bawaan yang dapat digunakan di semua server. Selain itu, pengguna juga memiliki kemampuan untuk membuat atau menambahkan emoji khusus yang hanya dapat digunakan di server tertentu.

Baca Juga: 15 Tanda Pasangan Selingkuh yang Perlu Kamu Ketahui

6. Streaming Video Call

Fitur Streaming Video Call telah ditambahkan pada akhir tahun 2017. Dengan fitur ini, pengguna aplikasi dapat melakukan panggilan dengan hingga 10 orang, dan saat ini jumlah tersebut telah meningkat menjadi 40 orang.

7. Student Hubs

Fitur Student Hubs adalah fitur yang dirancang khusus untuk para pelajar. Fitur ini memungkinkan pengguna Discord untuk mengaitkan akun mereka dengan alamat email pelajar mereka. Dengan fitur ini, para pelajar dapat terhubung dengan sesama pelajar. Selain itu, mereka juga dapat berbagi kebutuhan belajar mereka dengan orang lain di Discord.

8. Discord Nitro

Discord Nitro adalah layanan berlangganan premium yang ditawarkan oleh Discord. Dengan berlangganan Discord Nitro, pengguna dapat mengatur Discord Tag mereka, membuat emoji khusus, mengunggah file dengan ukuran yang lebih besar, dan mendapatkan diskon untuk Server Boosts.

9. DM/GDM

DM/GDM adalah kependekan dari Direct Message atau Group Direct Message. Fitur ini memungkinkan pengguna Discord untuk berkomunikasi secara pribadi dengan pengguna Discord lainnya. Selain itu, meskipun bersifat pribadi, pengguna Discord dapat mengundang pengguna lain untuk bergabung dalam grup tersebut.

Cara Membuat Akun Discord

Membuat akun Discord sangat sederhana. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat akun Discord.

  1. Buka aplikasi Discord di hp atau PC, atau kunjungi kediscord.com
  2. Di halaman utama situs, pilih opsi “Daftar”
  3. Masukkan alamat email yang ingin kamu gunakan
  4. Buat username dan password untuk akunmu
  5. Setelah mendaftar, kamu akan menerima email verifikasi dari Discord
  6. Terakhir, konfirmasikan alamat emailmu.

Baca Juga: 6 Cara Dapatin Promo Belanja di Aplikasi E-commerce

Bagaimana Menggunakan Aplikasi Discord?

  1. Untuk menggunakan Discord, Anda perlu mengunduh aplikasi Discord ke perangkat Anda, seperti Android, iOS, Windows, Mac, atau Linux. Selain itu, Anda juga dapat mengakses Discord melalui browser web.
  2. Setelah mengunduh atau membuka aplikasi Discord, pengguna perlu membuat akun dengan mengisi email, nama pengguna, dan kata sandi. Setelah itu, mereka dapat mulai membuat atau bergabung dengan server sesuai keinginan mereka.
  3. Untuk membuat server, pengguna dapat mengeklik tombol tambah (+) yang terletak di sudut kiri bawah aplikasi. Selanjutnya, pengguna dapat memberikan nama, gambar, dan deskripsi untuk server mereka. Setelah itu, pengguna dapat mengatur channel, peran, bot, emoji, dan elemen lainnya sesuai dengan preferensi mereka.
  4. Untuk bergabung dengan server, pengguna dapat menekan tombol tambah (+) di bagian bawah kiri aplikasi. Kemudian, pengguna dapat memilih opsi Bergabung dengan Server. Setelah itu, pengguna dapat memasukkan kode undangan atau tautan server yang ingin mereka masuki.
  5. Setelah berhasil masuk ke server, pengguna memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan pengguna lain melalui channel yang telah disediakan. Pengguna dapat mengirimkan berbagai jenis pesan seperti teks, gambar, video, dan sebagainya melalui channel teks. Selain itu, pengguna juga memiliki opsi untuk berbicara dengan pengguna lain melalui channel suara dengan hanya perlu mengklik tombol “Join Voice”.

Baca Juga: TikTok Shop Buka Lagi Lewat Tokopedia

Bagaimana Penggunaan Aplikasi Discord Untuk Perselingkuhan

Berdasarkan informasi dari detikInet, berikut adalah beberapa fitur dan kelebihan Discord yang membuatnya dapat digunakan untuk perselingkuhan:

  • Discord memiliki kemampuan enkripsi end-to-end, yang berarti hanya pengirim dan penerima pesan dan data yang dapat membacanya. Hal ini memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi dan menyulitkan orang lain untuk menyadap atau mengintipnya.
  • Discord memiliki kemampuan untuk menghapus pesan yang telah dikirim, baik secara manual maupun otomatis. Fitur ini dapat membantu individu yang terlibat dalam perselingkuhan untuk menghapus jejak dan bukti komunikasi mereka.
  • Discord memiliki tampilan yang menyerupai aplikasi game online, sehingga dapat menipu pasangan yang tidak mengetahui fungsi sebenarnya dari aplikasi tersebut. Para pasangan yang berselingkuh dapat berpura-pura sedang bermain game online, padahal sebenarnya mereka sedang berkomunikasi dengan orang lain.
  • Discord memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan status online mereka, sehingga mereka dapat menghindari kecurigaan pasangan yang mungkin memeriksa aktivitas mereka di aplikasi tersebut.

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu Discord. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan