5 Fakta Unik Lebah, Dari Usaha Mencari Madu, Hingga Memiliki 5 Mata

in
Lebah
Credit Image: Media Indonesia

Saat mendengar kata lebah pasti yang akan terbayang adalah betapa manisnya madu. Lebah merupakan serangga yang hidupnya berkoloni walaupun tidak semua. Serangga kecil ini masuk dalam familia Apidae dalam ordo Hymenopetra (Serangga bersayap selaput).

Serangga yang dikenal selain memiliki madu, ia juga dikenali karena memiliki rasa sengat yang sangat menyakitkan, tidak jarang bekas sengatnya membengkak. Namun, tahukah kamu tidak semua lebah memiliki sengat. Hanya lebah berjenis kelamin betina yang memilikinya.

Berikut ini 5 fakta menarik lebah yang harus kamu ketahui.

1. Usaha Lebah Dalam Mencari Madu

Lebah harus mengunjungi 50 sampai 100 bunga setiap harinya, bahkan jika mencapai 2 juta bunga, madu yang bisa diperoleh lebah hanyalah 0,5 kilogram saja.

Madu yang merupakan makanan alami plus higenis ternyata memerlukan usaha ekstra untuk membuatnya. Hal inilah yang menjadi penyebab harga madu menjadi mahal.

2. Lebah Mempunyai 5 Mata

Lebah memiliki mata jauh lebih banyak dibandingkan hewan pada umumnya, yaitu memiliki 5 buah. Meskipun memiliki banyak mata, lebah termasuk hewan yang buta terhadap warna merah.

ARTIKEL TERKAIT •
Begini 5 Cara Ampuh Untuk mengusir Semut Dalam Rumah

Mereka mengandalkan indera penciuman serta sinar matahari sebagai kompas untuk melakukan perjalanan mencari madu.

3. Menghasilkan Lilin

Lebah madu terkenal karena memiliki sarang yang sangat menginspirasi bagi seluruh arsitek di seluruh Dunia. Tahukah kamu, sarang yang dibuat oleh lebah itu dari lilin.

Lilin yang dihasilkan dari kelenjar yang terletak di bawah perut mereka. Lilin ini sebagai bahan untuk membangun sarang atau tempat madunya. Namun, untuk membangun 500 gram lilin lebah harus mengkonsumsi sekitar 8 sampai 10 kg madu.

4. Istimewa Madu

Mikroba tidak dapat hidup dalam madu sehingga madu bisa dijadikan sebagai obat luka bahkan untuk suplemen makanan. Tidak heran madu yang dihasilkan oleh lebah sangat digemari oleh manusia, selain rasanya manis ia juga memiliki khasiat sebagai obat.

5. Kekuatan Kepakan Sayap Lebah

Setiap menit lebah mampu mengepakkan 11.400 kali. Itulah mengapa ketika ada lebah yang mendekat, akan terasa seperti ada suara dengung. Nah, dengung tersebut berasal dari kepakan sayap lebah tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
6 Kucing Termahal Di Dunia, Harganya Bikin Melongo!

Referensi Credit: Pintu Wawasan

Berikan Nilai Untuk Konten ini