Masa Kampanye Pilpres 2024 Dimulai Besok, Jokowi Setujui Cuti Mahfud dan Prabowo

Mulai besok, akan mulai masa kampanye untuk Pilpres 2024 bagi paslon Presiden dan Calon Wakil Presiden. Ada dua menteri yang berpartisipasi.

4
0

Mulai besok, akan dimulai masa kampanye untuk Pilpres 2024 bagi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan izin kepada dua menterinya yang menjadi peserta pilpres untuk mengambil cuti mulai besok.

Ternyata, ada dua menteri yang ikut serta dalam Pilpres 2024 yaitu Prabowo Subianto sebagai calon presiden nomor urut 2 dan Mahfud Md sebagai calon wakil presiden nomor urut 3.

Menurut Ari Dwipayana, Koordinator Stafsus Presiden, Presiden telah memberikan izin cuti kampanye kepada Menko Polhukam, yaitu Bapak Mahfud Md, untuk melakukan kampanye pada hari Selasa tanggal 28 November dan beberapa tanggal lainnya sesuai dengan permohonan izin cuti kampanye kepada Menko Polhukam. Pemberian izin ini melalui Menteri Sekretaris Negara.

Ari mengungkapkan bahwa Menhan telah mengirimkan surat permohonan izin cuti kampanye kepada Presiden sesuai dengan jadwal yang telah KPU tentukan. Kemudian, Presiden telah memberikan persetujuan izin cuti kampanye melalui Menteri Sekretaris Negara sesuai dengan permohonan Menteri Pertahanan.

Lt655eebd42a395

Masa kampanye pemilu akan mulai pada tanggal 28 November 2023 dan berakhir pada tanggal 10 Februari 2024. Dalam total, kampanye ini akan berlangsung selama 75 hari.

Tiga Pasangan Calon Mendeklarasikan Pemilu Damai

Pada tahun 2024, ketiga paslon presiden dan wakil presiden telah menandatangani Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia. Perwakilan partai politik yang ikut serta dalam Pemilu juga menandatangani deklarasi ini.

Pada hari Senin (27/11/2023), acara tersebut terlaksana di kantor KPU, yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Memulai acara dengan membacakan naskah Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024.

Tiga pasangan yang mencalonkan dalam pilpres, yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md, naik ke panggung. Selain itu, para pimpinan partai politik dan perwakilan calon anggota DPD RI juga ikut maju ke depan.

Hasyim Asy’ari, Ketua KPU RI, memimpin acara pembacaan deklarasi Pemilu Damai yang diikuti oleh perwakilan partai politik lainnya di atas panggung. Setelah itu, tiga pasangan calon dan perwakilan partai politik menandatangani prasasti Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 secara bergantian.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Anggota Bawaslu RI Puadi, dan Ketua DKPP Heddy Lugito hadir saat penandatanganan tersebut. Setelah itu, mereka juga mengambil foto bersama.

Tinggalkan Balasan