4 Penyebab Biduran yang Jarang Diketahui Banyak Orang

in
Penyebab Biduran Yang Jarang Diketahui
Penyebab Biduran Yang Jarang Diketahui

Apakah kamu pernah mengalami biduran? Yap, penyakit kulit yang juga dikenal dengan nama urtikaria ini adalah ruam atau bentol kulit yang bisa menyebabkan rasa gatal pada kulit. Banyak penyebab biduran yang masih banyak tidak kita ketahui.

Sebagai informasi, biduran terbagi ke dalam beberapa jenis. Yaitu biduran fisik, biduran akut (berlangsung selama kurang dari enam minggu, dan biduran kronis (terjadi selama lebih dari enam minggu).

Kebanyakan kasus, penyakit biduran timbul karena sengatan serangga, efek samping penggunaan obat, atau paparan sinar UV. Akan tetapi, ternyata masih ada penyebab lain dari penyakit biduran ini. Apa saja itu? Simak uraiannya berikut ini.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Mengatasi Alergi Kulit Pada Bayi

Penyebab biduran yang jarang orang tahu

1. Udara dingin

Udara Dingin
Foto: halodoc.com

Ternyata udara dingin bisa menjadi penyebab timbulnya biduran pada area kulit kita. Misalnya udara dingin dari luar rumah atau cuaca yang menyebabkan angin kencang juga. Apalagi jika kamu memiliki kulit yang sangat sensitif dengan udara dingin luar rumah. Hal tersebut akan menyebabkan timbulnya biduran.

ARTIKEL TERKAIT •
Hati-Hati, Penyakit Ini Bisa Muncul Saat Banjir

2. Berkeringat

Penyebab Biduran Berkeringat
Foto: ayosemarang.com

Keringat pada tubuh memiliki manfaat untuk mendinginkan tubuh saat cuaca sedang panas. Hal ini akan membantu menurunkan suhu tubuh. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana caranya keringat bisa menjadi penyebab biduran?

Baca Juga: Hati-Hati, Penyakit Ini Bisa Muncul Saat Banjir

Ternyata, ada sebagian orang yang mengalami gatal-gatal pada kulitnya ketika suhu tubuhnya naik setelah melakukan aktivitas berat. Saat tubuh mengeluarkan keringat, berarti tubuh telah memproduksi asetilkolin. Senyawa ini lah yang menimbulkan kulit mengalami iritasi dan mendatangkan rasa gatal.

3. Penyebab biduran lainnya alergi makanan

Alergi Makanan
Foto: okezone.com

Satu lagi penyebab timbulnya biduran adalah alergi, yaitu alergi makanan. Contohnya seseorang alergi telur atau makanan laut, sehingga kalau makan-makanan itu akan mengaami biduran.

Kulit seseorang yang alergi terhadap suatu makanan dapat menyebabkan penyakit biduran. Dengan tanda munculnya bentol-bentol pada area kulit karena reaksi tubuhnya.

4. Kondisi penyakit tertentu

Penyebab Biduran Karena Kondisi Penyakit Tertentu
Foto: allodokter.com

Nah, penyebab terakhir biduran yang jarang orang tahu adalah karena kondisi penyakit tertentu. Contohnya, seseorang yang menderita penyakit hepatitis menderita gatal-gatal layaknya penyakit biduran.

ARTIKEL TERKAIT •
Hati-Hati, Penyakit Ini Bisa Muncul Saat Banjir

Baca Juga: Jangan Sampai Kulit Kering, Berikut 6 Penyebab Munculnya Iritasi Kulit Wajah

Berdasarkan American Osteopathic College of Dermatology, pada sebagian kasus, penyakit biduran bisa timbul karena penyakit autoimun. Kita tahu, penyakit autoimun adalah adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh, yang mana sistem imun tubuh dapat menyerang jaringan tubuh yang dikira sebagai zat asing.

Itulah, hal-hal yang bisa menyebabkan biduran. Maka dari itu, sebaiknya kita menghindari penyebab-penyebabnya. Jika sudah terkena, segera tangani, kalau bisa konsultasikan ke dokter. Jangan tunggu kalau sudah parah saja.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.