menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comSehatpedia5 Cara Alami Untuk Atasi Mata Minus

5 Cara Alami Untuk Atasi Mata Minus

Cara Alami Atasi Mata Minus
Jovee

Berikut adalah 5 cara alami untuk mengatasi potensi mata minus. Memiliki mata yang jelas dan terang, tentunya dambaan kita semua. Ya siapa sih yang mau mengalami masalah penglihatan? Terlebih ketika tua nanti.

Kita tentunya ingin terus bisa melihat jelas dengan kedua mata ciptaan Tuhan ini hingga akhir hayat kita. Tapi memang, terdapat mungkin beberapa dari kita yang sayangnya, sudah mengalami rabun / minus.

Walau demikian, mau belum atau sudah minus. Seperti yang kami lansir dari Merdeka, nih langsung saja simak pembahasan 5 cara alami untuk mengatasi mata minus-nya.

1. Berjemur di Pagi Hari

Ilustrasi Berjemur Di Bawah Sinar Matahari Pagi
Tribunnews

Cara alami untuk atasi mata minus pertama, adalah dengan berjemur di pagi hari. Dan hal ini sudah diteliti oleh banyak ahli kesehatan dan ilmuwan.

Dari penelitian yang ada, terbukti kalau berjemur di pagi hari bisa menurunkan resiko rabun jauh.

Hal ini dikarenakan, paparan sinar ultraviolet dari matahari bisa mengubah struktur molekul sklera dan kornea, serta membantu mempertahankan bentuk normal dari mata kita.

ARTIKEL TERKAIT •
Selain 2 Kebiasaan Ini, Mata Minus Juga Bisa Disebabkan Faktor Keturunan

Tapi walau demikian, bukan berarti kita bisa lama-lama berjemurnya. Apalagi, dengan mata telanjang. Dan juga, jangan menatap langsung mataharinya ya. Ya yang normal-normal saja oke?

2. Eye Palming

Young Redhead Woman Covering Her Eyes
Resilent Educator

Eye Palming adalah cara atau teknik menutup kedua mata dengan kedua tangan seperti yang kamu lihat di gambar penyertanya tersebut.

Tapi ingat ketika tangannya bergerak untuk menutup, gerakkan dengan pelan-pelan. Menurut para ahli di Eye7 Eye Hospital, teknik ini dianggap ampuh juga untuk mengurangi atau mengatasi rabun yang diderita.

Tapi ingat! Ada caranya loh. Jadi selain ketika menutupnya harus benar-benar perlahan (tidak main tutup kasar vegitu saja), dianjurkan untuk menggosok dulu kedua telapa tangan hingga terasa hangat.

Lalu setelah dirasa hangat atau sedikit panas, gerakkan kedua tangan di atas dua kelopak mata terpejam itu. Lakukan gerakan ini setidaknya 1 menit.

3. Sering-Sering Kedip

1260556751
Bobo.id

Bahkan kita sering mendengar anjurna dokter untuk sering kedip mata, terlebih ketika kita sedang nonton TV, menghadap PC, atau main game.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Alami Menyembuhkan Mata Minus

Dan ternyata perintah ini memang gak salah. Mengedipkan kedua mata, adalah cara untuk mendistribusikan kembali lapisan air mata dan juga, agar kedua mata bisa terlumasi (gak kering).

Dengan mata selalu “licin” dan basah, hal ini akan mengurangi kelelahan dan ketegangan yang didapatkan setelah terpapar sinar radiasi televisi atau gadget nya. Durasi ideal untuk berkedip adalah 2 menit.

4. Metode 20-20-20

Mata Lelah
Solopos

Maksud metode 20-20-20 disini adalah: 20 menit menatap layar, 20 detik mengistirahatkan mata dengan menatap suatu benda yang berjarak 20 kaki.

Metode ini, diyakini sangat ampuh untuk meredakan ketegangan otot mata yang sedang atau akan terjadi.

5. Banyak Makan Wortel

Ilustrasi Makan Wortel 20160919 171855
Tribunnews Bogor

Ternyata bukan Cuma nasehat orang tua atau isapan jempol saja. Faktanya, wortel memang kaya akan Vitamin A dan Beta Karoten.

Vitamin A pada wortel bisa membantu retina menyerap cahaya dikarenakan di dalamnya, juga terkandung komponen protein yang disebut rhodopsin.

Apabila gak suka makan wortel-nya langsung, alternatifnya adalah melalui jus. Sudah terbukti bahwa minum dua gelas jus wortel SETIAP HARI, bisa mengurangi mata minus dengan sangat signifikan. Semoga pembahasannya bermanfaat!

Add comment