Jangan Terlalu Lama Pakai Handuk, Ketahui Waktu Untuk Mencuci Handuk

in
Tips Untuk Mencuci Handuk
Tips Untuk Mencuci Handuk

Handuk biasanya digunakan seseorang untuk mengeringkan tubuh mereka setelah mandi. Sisa-sisa air yang masih melekat pada tubuh akan dikeringkan oleh handuk. Meskipun kita menggunakan handuk setelah membersihkan tubuh, bukan berarti handuk tidak bisa kotor lho. Kita pun harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mencuci handuk.

Handuk bisa kotor bisa jadi karena mikroorganisme yang melekat pada handuk itu sendiri. Dan padahal handuk langsung bersentuhan dengan kulit kita. Karena itulah kita harus mengetahui mengapa harus mencuci handuk dan seberapa sering handuk harus dicuci.

Baca Juga: Daftar Barang Yang Seharusnya Tidak Kamu Letakkan Di Kamar Mandi

Mengapa kita harus rutin mencuci handuk?

Mengapa Kita Harus Mencuci Handuk
Foto: winnetnews.com

Pastinya kita mengira handuk selalu dalam keadaan bersih, karena digunakan setelah kita membersihkan tubuh dari kotoran. Namun kenyataannya berbeda, handuk dapat menyerap banyak air dari kulit sehingga akan lembap setelah dibiarkan beberapa jam.

Perlu kita ketahui, jika handuk dalam kondisi lembap selama beberapa jam, maka akan menjadi tempat perkembang biakan mikroorganisme. Serta sel kulit kita yang mati akan melekat pada handuk tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Anaknya Ketahuan Ngintip Cewek Mandi, Ibu Pelaku: Siapa Suruh Kamar Mandi Ada Jendela

Karena itulah sangat penting bagi kita untuk rutin mencuci handuk dan kemudian dikeringkan agar dapat kita gunakan tanpa ada kekhawatiran terkena penyakit kulit.

Jika kita selalu menggunakan handuk yang jarang dicuci atau dibersihkan, maka handuk tersebut bisa menimbulkan jamur, bakteri, atau virus ke kulit. Yang mana akan terjadi infeksi pada kulit kita.

Baca Juga: Hal Yang Pernah Dan Kerapkali Menjadi Kebiasaan Di Kamar Mandi

Waktu tepat untuk handuk harus dicuci

Waktu Tempat Penggunaan Handuk
Foto: jabarnews.com

Dilansir dari The Cleaning Institute, ada baiknya kita mencuci handuk setiap tiga kali penggunaan. Jadi dalam seminggu itu kita wajib mencucinya sebanyak dua kali.

Sementara menurut Infection Control Department of Mid-Western Regional Hospital of Ennis, di Irlandia, disarankan handuk mencucinya dengan suhu sekitar 60 derajat Celcius.

Dan tak lupa juga, setelah mencucinya, pastikan handuk dijemur sampai kering sebelum digunakan kembali. Yang tak kalah penting juga, sebelum mencuci handuk sebaiknya kita menjemurnya juga sampai benar-benar kering.

Misalnya setelah berolahraga, tentunya handuk dalam keadaan basah. Sebelum mencucinya, kamu harus menjemurnya terlebih dahulu. Dan satu lagi, jangan biarkan handuk tergantung lama dalam kamar mandi.

ARTIKEL TERKAIT •
Hal Yang Pernah Dan Kerapkali Menjadi Kebiasaan Di Kamar Mandi

Baca Juga: Perhatikan 5 Fakta Berikut Sebelum Menggunakan Hand Sanitizer Untuk Membersihkan Tangan

Ketika sakit, ganti handuk setelah menggunakannya untuk mandi. Jadi, jangan lupa ya untuk mencuci handuk secara rutin.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.