menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comMusik20 Lagu Hit Keren di Dekade 1960

20 Lagu Hit Keren di Dekade 1960

Lagu hit keren dekade 60an
Peppers 6ec0c375 487e 4670 9d58 F98c239266cc

Berikut adalah 20 lagu hit keren di dekade 1960

Setelah gaung Rock N’ Roll bergaung kencang di dekade 1950, maka di dekade selanjutnya alias 1960, genre ini pun mengalami penyempurnaan yang sangat signifikan.

Dan penyempurnaannya sebagaian besar dikarenakan momen British Invasion yang digawangi oleh grup pionir musik moderen, The Beatles. Selain itu menjelang akhir dekade-nya, muncul tren genre musik baru, genre psychedelic.

Intinya sekali lagi, dekade 60an adalah awal sesungguhnya dari musik moderen. Dan berikut, adalah 20 lagu hit keren di dekade 60an yang sukses mempelopori dekadenya tersebut.

20. The Kinks – You Really Got Me (1964)

Lagu ini juga sempat di-cover oleh Van Halen di tahun 1978. Dan sama seperti versi orisinilnya, versi cover Halen tersebut juga enak banget.

Tapi ya tetap saja sih versi orisinilnya ini yang jauh lebih nendang. Menjadi senjata andalan Kinks untuk bersaing dengan Beatles dan band-band Rock N’ Roll  lain, “You Really Got Me” memiliki komposisi sound Rock N’ Roll simpel tapi tetap terasa kelam dan berkelas.

19. Steppenwolf – Born to Be Wild (1968)

Juga menjadi soundtrack film Easy Rider (1969) dan berbagai film lainnya, “Born to Be Wild” sesuai judulnya, memiliki komposisi keras yang terasa liar tapi tetap funky.

Ke-intensan lagunya membuat kitapun merasa nikmat sendiri ketika mendengarkan lagunya.

18. Cliff Richard – The Young Ones (1962)

Nomor pop 60an yang merupakan favorit gue pribadi. Kenapa demikian? Komposisi “The Young Ones” merupakan komposisi pop sempuran di masanya.

ARTIKEL TERKAIT •
Lagu Imagine Karya John Lennon Yang Menuai Pro Kontra Tetapi Penuh Makna

Pokoknya ketika mendengarkan lagunya, kita akan serasa seperti berada di tengah pantai Amerika indah di dekade 60an. Pokoknya asoy dan nyiur banget deh.

17. Jimi Hendrix – Voodoo Child (Slight Return) (1968)

Kalau kamu fans program gulat hiburan dari dekade 90an, pasti pernah mendengar lagu ini. Ya lagu milik Hendrix ini pernah digunakan sebagai lagu masuk ring (enterance music) dari si legenda gulat, Hulk Hogan.

Anyway terlepas kaitannya dengan hal tersebut, “Voodoo Child (Slight Return) memanglah nomor hard rock bluesy milik Hendrix yang sangat intens dan keren banget.

16. Scott McKenzie – San Francisco (Be Sure to Wear Flowers in Your Hair) (1967)

Lagu ini sekilas gak lebih dari pemujaan ke negara bagian Amerika Serikat ini. Tapi jangan salah guys. Lagu ini justru memiliki makna / maksud yang jauh lebih dari makna simpel itu.

“San Francisco” adalah lagu yang menggambarkan generasi akhir 60an kala itu yang disebut dengan Flower Generation.

Dikatakan demikian karena di generasi ini rata-rata wanitanya seang menyematkan sekumtum bunga di kepala mereka dan juga, mengacu pada ketertarikan generasi ini kala itu ke NARKOBA jenis LSD

15. The Tempatations – My Girl (1964)

Rasanya walau kamu gak lahir di dekade 40-60an, lagu ini pastinya kamu tahu deh. Karena lagu ini memang salah satu lagu jadul 60an yang masih ngetop dan relevan hingga detik ini.

ARTIKEL TERKAIT •
Lagu Imagine Karya John Lennon Yang Menuai Pro Kontra Tetapi Penuh Makna

Lagu ini pokoknya gak pernah basi jika digunakan sebagai “senjata” untuk merayu gadis yang kita taksir.

14. Led Zeppelin – Whole Lotta Love (1969)

Ya walau grup Rock legendaris ini ngetop di dekade 70an, namun faktanya mereka telah berkarir semenjak akhir 60an.

Dan lagu inilah yang tidak hanya sukses memperkenalkan Robert Plant cs, namun juga menjadikan “A Whole Lotta Love” sebagai lagu signature dari grup ini.

13. Otis Redding – I’ve Been Loving You Too Long (1965)

Gak dipungkiri semua lagu milik Otis di dekade 60an ngetop semua. Saking ngetop-nya, hingga kini, lagu-lagunya banyak di-cover oleh musisi lain.

Termasuk nomor ini. Dan gak heran apabila “I’ve Been Loving You Too Long” ngetop banget kala itu. Baik komposisi musiknya maupun cara Otis menyanyikannya, benar-benar terdengar sangat soulful dan menyayat hati banget.

12. Del Shannon – Runaway (1961)

Lagu ini gak dipungkiri merupakan salah satu lagu yang beda banget di dekade ini. Menggabungkan elemen Rock, Latin, Arab, dan awal Surf Rock, alhasil membuat Runaway serasa unik.

Ditambah lagi tarikan falsetto Shannon di bagian lirik “I wo-wo-wo-wonder” nya yang super khas itu, kian menambah keunikan dan juga kekerenan lagunya ini.

11. Janis Joplin – Maybe (1969)

Lagu ini merupakan salah satu dari beberapa rilisan terakhir si vokalis wanita super jagoan ini.

ARTIKEL TERKAIT •
Lagu Imagine Karya John Lennon Yang Menuai Pro Kontra Tetapi Penuh Makna

Dan bahakan bisa dikatakan, “Maybe” adalah rilisan termegah dari Joplin. Apabila kamu memang belum pernah mendnegar lagunya, tunggu apalagi guys? Langsung saja dengerin nih!

10. Solomon Burke – Cry to Me (1962)

Lagu soul old school ini bisa dikatakan lumayan underrated. Pasalnya gak semua orang mengetahui lagu ini.

Padahal “Cry to Me” adalah lagu yang tidak hanya tasteful, namun juga cukup tricky apabila kita ingin belajar untuk menyanyikan lagunya. Silahkan dengar dan coba, GOOD LUCK.

9. Creedence Cearwater Revival – Born on the Bayou (1969)

Semua lagu CCR gak ada yang gak enak sih. Racikan Rock, Country, dan Blues-nya sangat magis. Membuat semua lagunya terdengar asyik di kedua telinga.

Nah untuk “Born on the Bayou”, racikannya bisa dikatakan membuat lagunya terdengar sangat macho. Pokoknya lagu ini adalah salah satu lagu full testosterone di dekade 60an.

8. Bee Gees – New York Mining Disaster 1941 (1967)

Bee Gees memang super ngetop di dekade 70an. Spesifiknya, ketika kedua lagu mereka yang menjadi soundtrack film Saturday Night Fever (1977): “Stayin’ Alive” dan “How Deep is Your Love”, booming di masanya.

Namun faktanya trio asal Australia ini, telah berkarir sejak tahun 1958. Dan di akhir 60an, lagu yang mengisahkan seorang penambang yang terperangkap dan mencari istri tercintanya ini, adalah yang sukses melejitkan awal karir tiga bersaudara ini.

ARTIKEL TERKAIT •
Lagu Imagine Karya John Lennon Yang Menuai Pro Kontra Tetapi Penuh Makna

Simpel, tapi tetap powerful dan depresif, tak ayal membuat “New York Mining Disaster 1941”, sebagai salah satu lagu hit keren di dekade 1960.

7. The Doors – Break On Through (To the Other Side) (1967)

Jangan “Light My Fire” (1967) terus dengerinnya guys. Dengarkan juga lagu ini. Tidak hanya liriknya yang puitis ironis, namun seluruh komposisi lagunya ini juga sangat full dan nendang banget.

Durasi lagunya yang hanya 2 menit dan 30 detik terasa sangat full dan maksimal banget. Pokoknya keren abis deh.

6. Elvis Presley – In the Ghetto (1969)

WOW siapa sangka seorang Elvis, juga bisa super kritis dengan situasi sosial yang memprihatinkan?

Dan “In the Ghetto” membuktikan hal tersebut. Lagu ini pada dasarnya mengisahkan kehidupan di ghetto (tempat yang identik ditempati oleh masyarakat kurang mampu) negara bagian Chicago yang sangat keras.

Spesifiknya demi bisa bertahan hidup, mereka harus “belajar” bagaimana cara mencuri bahkan membunuh agar bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka. Dan dikisahkan di lagunya, bahwa proses bertahan hidup yang sangat memprihatinkan ini, tidaklah ada habisnya.

Jeniusnya lagu ini, pengulangan (cycle) menyedihkan tersebut juga ditampilkan melalui pengulangan komposisinya setelah mendekati akhir lagunya. Jadi menjelang habis, kunci lagunya kembali seperti kunci awal pembuka lagunya. Benar-benar keren.

5. The Mamas and The Papas – California Dreamin’ (1965)

Lagu cinta terhadap negara bagian California ini gak dipungkiri, merupakan lagu hit keren di dekade 1960.

ARTIKEL TERKAIT •
Lagu Imagine Karya John Lennon Yang Menuai Pro Kontra Tetapi Penuh Makna

Komposisi musik, lirik yang mudah dipahami, dan tentunya harmonisasi yang super harmonis (terutama dari “Mama” Cass Elliot), seluruh kombinasinya, sukses membuat “California Dreamin”, lagu yang paling abadi sepanjang masa.

Bagi kalian yang mungkin fans film drama romantis Hong Kong 90an, Chungking Express (1994), pasti familiar deh dengan lagu ini.

4. The Rolling Stones – You Can’t Always Get What You Want (1969)

Inilah “Hey Jude” nya The Rolling Stones. Dan memang faktanya, lagu ini memang terinspirasi dari hit milik The Beatles tersebut.

Namun yap bagi gue pribadi, lagu ini jauh lebih seru dan intens dari “Hey Jude”. Dan dikatakan demikian karena Mick Jagger cs sangat jenius dalam mengolah komposisi musik lagunya.

Spesifiknya, mereka pintar banget dalam mengatur tempo-nya. Ditambah lagi dengan paduan koor dari London Bach Choir-nya, kian menambah kekhusyukan sekaligus kemegahan dari lagunya.

3. The Beach Boys – Good Vibrations (1966)

JENIUS! Ya itulah 1 kata atau mungkin lebih tepatnya hanya satu kata yang pas untuk mendeskripsikan hit rival berat Amerika The Beatles ini.

Bagaimana jenius-nya? Seluruh komposisi dan struktur lagu ini benar-benar megah dan gak biasa. Lagu inilah yang akhirnya menginspirasi lahirnya genre psychedelic di sisa 3 tahun terakhir dekade 60an nya.

2. Jefferson Airplane – White Rabbit (1967)

Ngomong-ngomong genre psychedelic, rasanya gak ada lagu yang sukses mendefinisikan genre ini dan juga, menjadi ikon dari Flower Generation, daripada lagu ini.

ARTIKEL TERKAIT •
Lagu Imagine Karya John Lennon Yang Menuai Pro Kontra Tetapi Penuh Makna

Bersama San Francisco-nya Scott McKenzie, lagu mengenai efek psikadelik setelah mengkonsumsi LSD ini, sekali lagi sukses menjadi anthem generasi di dekade ini.

Dan faktor utamanya (selain komposisi musiknya), “White Rabbit” memberitahukan efek LSD psikadelik-nya dengan topeng analogi kisah anak hit karya Lewis Carroll, Alice’s Adventures in Wonderland atau Alice in Wonderland.

1. The Beatles – A Day in the Life (1967)

Merupakan KRIMINAL BESAR jika pembahasan daftar lagu terkeren atau terbaik dekade 1960an, tidak menempatkan lagu milik The Beatles di posisi puncak.

Karena sekali lagi mereka The “freakin” Beatles. Gak ada mereka, perkembangan musik moderen, gak bakala bisa semaju seperti sekarang. Dan yap, gak ada sih lagu mereka yang gak enak.

Jadi memang sangat sulit menentukan lagu Beatles rilisan dekade 1960 mana yang pas untuk ditampilkan di daftar ini. Tapi pada akhirnya adalah “A Day in the Life” yang dirasa sangat pas.

Mengapa? Lagu ini benar-benar revolusioner di eranya. Lagu mencampurkan elemen musik klasik, Rock, psychedelic dan avant-garde yang super kental. Dan komposisi Paul McCartney yang jenius, sukses membuat kita seperti dalam perjalanan trippy yang asyik banget.

Pokoknya megah, keren dan fenomenal banget. Nah itulah tadi 20 lagu hit keren di dekade 1960 nya. Dari semua lagu ini, yang manakah yang merupakan favorit kalian?

Add comment