5 Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan

in ,
Manfaat bunga lavender
Manfaat bunga lavender

Bunga lavender menjadi salah satu bunga yang paling banyak diminat, selain banyak diminati aroma lavender juga identik sebagai pengusir nyamuk dan serangga.  tak hanya itu, ternyata lavender juga terdapat banyak mafaat untuk kesehatan dan beberapa kecantikan.

Ternyata aroma yang wangi membuat bunga lavender bisa berkhasiat memberikan efek relaksasi dan menenangkan. Bunga yang berasal dari kawasan Meditrania kemudian menyebar di Eropa hingga Amerika dan termasuk ke Indonesia.

Karena begitu banyak manfaat yang dimiliki oleh bunga ini. Berikut akan kita bahas tentang 5 manfaat bunga lavender untuk kesehatan.

1. Mengatasi Insomnia

5eced69f5af6cc36474a1156
5 Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan |insider

Bagi kamu yang sering mengalami mengalami sulit tidur atau insomnia pasti sangat menganggu bukan? Biasanya penyebab kurang tidur juga mempengaruhi suasana hati dan sistem kekebalan tubuh.

Kasian bunga lavender untuk kesehatan yang sebaiknya harus kamu tahu yaitu aroma bunga lavender dipercaya bisa menyembuhkan insomnia. Campurlah 5-6 tetes minyak lavender dengan 1/2 gelas air sulingan. Masukkan ke dalam botol semprot yang bersih. Semprotkan pada wajah dan kulit sebelum tidur. Selain itu, teh lavender juga dapat menyembuhkan insomnia.

ARTIKEL TERKAIT •
Bahaya Yang Akan Terjadi Jika Kamu Masih Nekat Berkendara Menerjang Banjir

2. Menyembuhkan luka bakar

Mengenal Derajat Luka Bakar Dan Perawatannya
5 Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan |alodokter

Lavender mengandung Antiseptik dan Antiperadangan yang dapat menyembuhkan luka bakar melului minyak lavender dan dapat mengurangi rasa nyeri akibat luka bakar.

Caranya, sirami luka bakar dengan air mengalir selama sepuluh menit, lalu tetesi dengan minyak lavender pada daerah luka. Namun, jika lukanya sangat parah, lebih baik dikonsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

3. Mengatasi Diabetes

Perlukahpengidapdiabetescekguladarahsaatpuasahalodoc
5 Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan

Senyawa polifenol dari lavender dapat mencegah munculnya radikal bebas dan sel-sel yang akan menimbulkan penyakit berbahaya. Teh  lavender dipercaya bisa mengatasi masalah penyakit diabetes. Untuk itu, agar gula darah tetap stabil kamu bisa rutin mengonsumsi teh bunga lavender.

4. Menghilangkan mual

Mabuk Udara 20170404 150028 5d246cd3097f36600b68f2a2
5 Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan |kompasiana

Mabuk perjalanan adalah suatu kondisi tidak nyaman yang dialami seseorang ketika berpergian dengan kendaraan, seperti mobil, bus, kereta api, kapal laut, atau pesawat terbang. Mabuk perjalanan lebih sering dialami oleh anak-anak berusia 5-12 tahun, wanita hamil, dan orang lanjut usia.

Minyak lavender mampu mengurangi rasa mual dan mabuk perjalanan. Caranya, tetesi lavender di ujung lidah, di belakang telinga, dan di bawah pusar.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengenal Predeterminasi, Metode Untuk Mengendalikan Mimpi

5. Menyembuhkan sakit kepala

Ilustrasi Sakit Kepala Lagi Lagi
5 Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan |kaltim.tribunnews

Menyembuhkan sakit kepala seperti migrain, Sakit kepala adalah rasa sakit atau nyeri di kepala, yang bisa muncul secara bertahap atau mendadak. Sakit kepala bisa terasa ringan hingga berat. Salah satu pertolongan cepat yang bisa mengatasi sakit kepala yaitu, pijatlah kepala dan leher menggunakan minyak lavender.


Itulah beberapa khasiat dan manfaat bunga lavender untuk kesehatan. Anda bisa menanamkan tanaman lavender di halaman rumah. Semoga bermafaat, jangan lupa baca juga 5 Bunga yang cocok Dijadikan Pengharum Ruangan Alami(Buka di tab peramban baru)

Berikan Nilai Untuk Konten ini