Mengenal Tradisi Menaburkan Bunga di Atas Kuburan

in
Tradisi Menaburkan Bunga Di Atas Kuburan
Tradisi Menaburkan Bunga Di Atas Kuburan

Di Indonesia sendiri, setiap orang yang meninggal akan ditaburkan bunga di atas makam atau kuburannya. Bahkan tradisi ini ternyata bukan hanya dilakukan di Indonesia. Sebut saja seperti negara terdekat Indonesia, yakni Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

Misteri tradisi menaburkan bunga di atas kuburan

Sebuah legenda mengungkap suatu misteri mengenai asal usul tradisi menaburkan bunga di atas kuburan dari beberapa abad yang lalu. Dimana, pada saat itu teknik pengawetan tubuh manusia atau yang juga dikenal sebagai teknik mumifikasi belum ditemukan. Sehingga digunakanlah bunga yang dibuang ke dalam kuburan, hal ini berguna untuk mencegah bau busuk dan tidak mencemari lingkungan sekitar.

Baca Juga: Mitos Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Kolesterol Agar Tidak Salah Paham

Untuk sekarang pencegahan dari bau busuk tersebut sudah tak digunakan lagi sedangkan menaruh kelopak bunga ke dalam kuburan masih tetap dilakukan.

Karena pada dasarnya bunga dianggap bisa menenangkan jiwa seseorang yang telah meninggal. Karena itu akan membuat mereka tidak terobsesi untuk hidup kembali.

ARTIKEL TERKAIT •
11 Tanda Aneh Pada Orang Sakit Sebelum Ajal Menjemput
Tradisi Menaburkan Bunga
Tradisi Menaburkan Bunga (pecihitam.org)

Tidak sedikit orang yang mempercayai jika orang yang semasa hidupnya selalu berbuat kebaikan maka bunga yang ditaruh di kuburan mereka akan tumbuh dengan mekar.

Untuk di Indonesia sendiri, orang-orang mempercayai dengan menaruh kelopak bunga di atas kuburan, maka akan meringankan siksa kubur bagi mereka yang meninggal. Hal ini karena mereka mempercayai bunga-bunga tersebut akan bertasbih kepada Sang Pencipta.

Baca Juga: Benarkah Mitos Jika Menabrak Kucing Akan Mengalami Kesialan?

Berbeda dengan negara lain, yang mempercayai menabur bunga di kuburan dianggap bisa membawa keberuntungan. Sehingga seseorang yang sudah meninggal tidak akan dapat bangkit lagi dari kubur mereka.

Fafas
Masih menjadi misteri (umma.id)

Masih menjadi misteri

Memang hingga saat ini, tradisi ini belum dapat dipercaya sepenuhnya. Akan tetapi, yang namanya tradisi yang telah turun temurun dari nenek moyang dahulu kala, sulit untuk kita tidak melakukannya.

Baca Juga: 7 Mitos Dan Fakta Coronavirus! Benarkah Bawang Putih Mencegah Infeksi Virus Corona?

Jika dipandang dari sudut pandang lain seperti estetik, memang tradisi menaburkan bunga di atas kuburan ini sangat baik untuk dilakukan. Karena akan membuat kuburan tampak cantik dan indah.

ARTIKEL TERKAIT •
Tradisi Aneh Suku Drokpa, Saling Bertukar Istri Agar Dijauhkan Dari Roh Jahat

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.