4 Tips Keren Untuk Berbicara Bahasa Inggris Dengan Penuh Percaya Diri

in
Berbicara Bahasa Inggris Percaya Diri
Berbicara Bahasa Inggris Percaya Diri

Ini dia 4 trik keren untuk bisa berbicara bahasa Inggris dengan penuh percaya diri.

Gak dipungkiri kalau kita perhatikan. Masih banyak banget orang-orang Indonesia atau yang bahasa inggris nya bukan bahasa ibunya, selalu merasa gak percaya diri ketika ngomong dengan bahasa Inggris.

Padahal seperti kita tahu, justru rasa gak percya diri seperti itulah yang alhasil bisa membuat kita gak bisa belajar dan berkembang. Well, stop deh untuk tidak percaya diri ketika harus berbicara bahasa inggris nya.

Langsung saja kamu simak tips keren untuk bisa berbicara Bahasa Inggris dengan penuh percaya diri nya berikut ini.

1. Jangan Takut

Demi Brooke1
Jangan takut lagi | EF english Line

Tips pertama simpel banget: Jangan takut. Seperti kata Master Yoda di Star Wars Episode 1: The Phantom Menace (1999), rasa takut (fear) adalah akar awal untuk kita berakhir menjadi menderita (suffering).

Well, untuk konteks pembahasan ini, penderitaan tentunya bukan lantas mengacu pada rasa skit fisik atau bahkan kematian. Tapi lebih ke diri kita yang nantinya “menderita” ketika berada dalam situasi dimana kita harus ngomong Inggris.

ARTIKEL TERKAIT •
Inilah Rumus 16 Tenses Bahasa Inggris Yang Harus Kita Kuasai Dalam Berbicara Inggris

Oke, mungkin rasa takut disini karena tidak ingin melakukan kesalahan grammar atau kesalahan-kesalahan kecil lainnya. Dan itu wajar. Tapi gue mau nanya nih, mau sampai kapan lo semua takut?

Kalau takut terus ya gak akan maju-maju. Jadi gak usah deh takut melakukan kesalahan ngomong. Lawan bicara asing juga paham banget, bahasa ibu kita bukan bahasa inggris.

Yang penting bagi mereka selama dia mengerti apa yang kita bicarakan, that’s it, there’s nothing for you to worry about.

Lagipula faktanya, penduduk Amerika Serikat, Inggris atau bahkan negara lain yang mebggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari, banyak loh yang juga gak memperhatikan atau bahkan, “buta” grammar ketika berbicaranya.

2. Membaca Dengan Keras

Untitled 1
Baca aja keras keras! | English Harmony

Mau itu sedang baca artikel, koran, majalah atau bahkan teks film berbahasa inggris, usahakan baca dengan bersuara. Alias jangan bisik-bisik atau dalam hati saja.

Bahkan guru mata pelaharan non bahasa inggris saja dulu sering menyuruh kita untuk membaca dengan keras atau bersuara ketika belajar.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Cara Asyik & Fun Untuk Belajar Bahasa Inggris

Kenapa? Soalnya ketika kita membaca dengan bersuara, otak kita akan cepat menyerap dan langsung menyimpan dalam memori dalam waktu yang cukup lama. Apalagi jika belajar bahasa asing seperti Inggris.

Dengan membaca teks dengan keras, kita juga bisa mengetahui dan menghafalkan setiap ejaan, bunyi, atau dengan kata lain pelafalan Bahasa Inggrisnya. Lakukan ini setiap membaca teks, dijamin akan membautmu kian percaya diri untuk berbicara Bahasa Inggris.

3. Berlatih Bareng Teman

English Speaking Course
Rajin latihan bareng teman | Google Sites

Belajar sendiri memang jauh lebih fokus. Tapi kalau memang kamu ingin bisa cepat menangkap / bisa berbicara bahasa inggris nya, coba deh belajar / berlatih bareng teman.

Selain bisa cepat menyerap, juga teman kita bisa dijadikan “kelinci percobaan” untuk kita bisa lebih percaya diri untuk berbicara bahasa inggris. Agar bisa terlaksana dengan baik, terapkan untuk selalu gnomon Inggris selama berduaan.

4. Ulang-ulangi

Getty 133970892 157811
Terus latihan, latihan | Inc. Magazine

Sperti kata pepatah, practice makes perfect. Dan tentunya yang namanya latihan, gak bisa cuma sekali atau dua kali langsung oke. Dibutuhkan pelatihan yang berulang-ulang.

ARTIKEL TERKAIT •
15 Benda Ini Sebutan Bahasa Inggris Amerika dan British nya Beda Loh!

Jadi yap, terus ulang-ulangi latihan bicara bahasa Inggrisnya. Dijamin kalau kamu melakukan langkah ini, kamu bisa kian percaya diri untuk berbicara bahasa inggris nya. Semoga tips nya bermafaat ya!

Berikan Nilai Untuk Konten ini