5 Hal Ini Yang Akan Terjadi Kalau Bumi Kehilangan Oksigen Selama 5 Detik

in
Without Oxygen Earth
Without Oxygen Earth

Pernah bayangin gak gimana kalau misalkan bumi ini kehilangan oksigen selama 5 detik? Apa ya yang kira-kira akan terjadi pada kita?

Nah berikut adalah 5 hal mengerikan yang akan terjadi tersebut.

1. Langit Siang Hari Menjadi Gelap

1
Langit siang menjadi gelap gulita | Shutterstock

Salah satu alasan utama mengapa langit siang hari berwarna biru indah, adalah karena terdapat partikel oksigen.

Nah apabila partikel oksigen menghilang atau semakin sedikit, lama-kelamaan warna langit malah menjadi hitam seperti awan mendung (malah lebih dari awan mendung hitamnya).

2. Air Menjadi Ledakan Gas Yang Berbahaya

Gas Cylinder Blast
Bisa meledak | Medswift Training

Air mengandung 88.8% oksigen. Sekali lagi, air ada karena kaya akan kandungan oksigen.

Jadi tanpa ada oksigen, air secara perlahan akan berubah menjadi gas dengan jumlah / tingkat yang sangat tinggi. Yang mana kalau tinggi banget, akan meledak. WOW bayangin tuh. Baru 5 menit hilang oksigen loh buminya!

3. Lautan Akan Menguap Ke Luar Angkasa

Main List Image E9dcef01 196b 40d9 9b83 307451e67d00 7
Keepo.me

11-12 dengan pernyataan poin sebelumnya, 1/3 air adalah oksigen. Nah apabila oksigen menghilang dari bumi, senyawa hidrogen akan berubah menjadi gas bebas yang tidak terikat apa-apa.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Perubahan Pada Kondisi Tubuh Jika Kamu Kekurangan Minum Air Putih

Nah nantinya, gas dari hidrogen perlahan-lahan bakal naik ke ruang angkasa melewati lapisan troposfer bumi. Sehingga nantinya, air tidak hanya akan menguap, namun juga mengalir ke luar angkasa.

4. Semua Orang Akan Terpanggang

51fbe21169bedd0c07000017
Orang-orang kena luka bakar | Business Insider

Eits jangan berpikir yang terlalu berlebihan dulu ya. Kata terpanggang ini lebih mengacu ke luka bakar hebat yang bisa kita dapat.

Terlebih jika kita yang suka berjemur setiap pagi. Salah satu alasan kenapa kita berjemur pagi, adalah agar kulit dan tubuh kita mendapatkan panas sinar matahri yang baik.

Nah sinar matahari yang kita pakai berjemur ini menyehatkan karena adanya lapisan oksigen yang mengelilingi. Plus oksigen yang mengelilingi, juga bisa melindungi kita dari terpaaan sinar ultra violet (UV) matahari.

Jadi dengan alasan tersebut, gak heran jika kami sekali lagi mengatakan kalau tidak ada oksigen, kulit kita akan menjadi terpanggang.

5. Telinga Bagian Dalam Akan Meledak

Auricular Hematoma
Telinga bisa meledak | ENT Specialist

Ya inilah hal terparah yang akan terjadi kalau bumi kita kehilangan oksigen walau, selama 5 detik saja.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Perubahan Pada Kondisi Tubuh Jika Kamu Kekurangan Minum Air Putih

Spesifiknya lagi, kita akan kehilangan pendengaran. Pasalnya seperti kita tahu, kedua telinga bisa mendengar karena adanya rambatan udara / oksigen ke dalam telinga kita. Ngeri gak tuh?

Nah itulah tadi 5 hal yang akan terjadi ke kita kalau bumi ini kehilangan oksigen walau, hilangnya hanya 5 menit saja. Bagaimana nih pendapatmu dengan pembahasan ini?

Berikan Nilai Untuk Konten ini