4 Cara Asyik & Fun Untuk Belajar Bahasa Inggris

in ,
Cara Asyik belajar Bahasa Inggris
Ini dia cara asyilnya

Belum bisa berbicara atau memahami Bahasa Inggris? Yuk mari kita belajar bahsa inggris dengan asyik & fun.

Dalam era yang kian canggih saja seperti sekarang ini, bisa kita katakan kalau kemampun atau pemahaman terhadap Bahasa Inggris sangat wajib kita miliki

Analoginya adalah seperti ban yang harus ada untuk menjalankan mobil. Setidaknya dalam tingkatan “little-little i can”. Apabila kita gak bisa sama sekali memahami Bahasa Inggris ya wassalam saja deh.

Nah mirisnya walau sudah banyak yang bisa, faktanya rasio yang belum bisa juga masih sangat banyak. Terlebih dalam negeri kita ini aka Indonesia. Rata-rata alasan mereka karena merasa pusing, ribet, pokoknya susah deh!

Padahal selain itu hanya sugesti negatif / mental block saja, juga faktanya banyak banget kok cara super fun bagi kita untuk belajar bahasa Inggris. Dan berikut adalah 4 cara fun untuk belajar Bahasa Inggris yang gue maksud tersebut.

1. Baca Komik Atau Novel

Harry Potter Book List Bl 16 9.jpg.corpimagerendition.xxl .1400.788
Novel Harry Potter | Scholastic

Kalau kita boleh jujur pada kita sendiri, rata-rata dari kita yang namanya membaca masih malas banget kita lakukan.

ARTIKEL TERKAIT •
Ini Alasan Mengapa Bahasa Inggris Dijadikan Sebagai Bahasa Internasional

Padahal selain menambah pengetahuan dan menghilangkan stres. Kegiatan membaca juga mampu meningkatkan kemampuan berbahasa kita terlebih, yang bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris.

Nah kalau memang merasa malas ya baca saja bacaan yang ringan-ringan semisal: Novel Harry Potter atau komik Marvel / DC. Dengan kisah yang menarik serta ilustrasi-ilustrasi yang colorful, kitapun akan semakin semangat saja untuk membacanya.

Alhasil secara gak langsung atau kita sadari terlepas masih menggunakan bantuan kamus online, kitapun sudah belajar bahasa Inggris.

2. Nonton Film

42 25563816
Nontonnya Pake Teks Inggris ya! | Smithsonian Magazine

Siapa sih yang gak suka nonton film? Nah tapi masalahnya bagi kebanyakan warga kita atau warga negara lain yang Bahasa Inggris bukan bahasa ibu atau sekunder-nya, masih banyak yang malas atau “manja”.

Spesifiknya, masih banyak dari kita yang ketika menonton film dalam format DVD atau streaming, dengan menggunakan teks (subtitle) Bahasa Indonesia.

Pertanyaan gue sekarang, apakah kamu semua niat untuk belajar Bahasa Inggris? Kalau memang demikian, coba deh mulai untuk menggunakan subtitle yang Bahasa Inggris juga.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Bahasa Asing Selain Inggris Yang Wajib Kita Kuasai

Apabila DVD kalau kamu memililik kemampuan lebih, beli saja DVD orisinil. Atau kalau melalui streaming, cari saja format file subtitle Bahasa Inggris nya melalui Google. Biasanya format file subtitle adalah .srt.

Pokoknya cara apapun yang kamu pilih, pastikan saja teks Bahasa Inggris-nya memang benar-benar pas atau sesuai. Bukan teks Inggris yang gak sesuai dengan dialog yang dikatakan aktor-nya.

3. Bernyanyi

Belajar Bahasa Inggris
Bernyanyi | Icon Collective

Bagi kamu yang pas dengerin lagu barat selalu ikutan nyanyi dan hafal semua liriknya, please jangan cukup dalam itu saja.

Coba ketika menyanyikan liriknya, kamu pahami juga satu per satu kata makna liriknya. Karena selain menjadi media belajar bahasa inggris yang fun, juga metode ini bermanfaat banget bagi kita yang emang bercita-cita menjadi penyanyi.

Spesifiknya dengan paham apa liriknya, kitapun akan tahu bagaimana teknik-teknik menyanyikan lagu dengan penuh perasaan (feel).

4. Main Video Game

Belajar Bahasa Inggris
Main Game | Veteran Affairs

Yap dari ketiga aktivitas fun sebelumnya, aktivitas mana lagi yang super fun kalau bukan main video game bukan?

ARTIKEL TERKAIT •
Perbedaan Forest, Woods, dan Jungle

Dan faktanya juga, sudah banyak gamer yang mengakui (yang tadinya gak bisa Bahasa Inggris), merka menjadi bisa ngomong Bahasa Inggris setelah main game. Memang wajar sih.

Soalnya dalam main game, kita harus menjalankan misi atau melakukan tugas (task) yang game-nya berikan. Terkadang lagi ada game-game yang misinya tidak tampil dalam format tertulis.

Melainkan, melalui percakapan atau ujaran yang karakter game-nya ucapkan. Sehingga mau gak mau demi sukses menjalankan misi / objective, kita harus pasang kuping sekaligus paham dengan misi atau perintah yang karakternya ucapkan.

Nah itu tadi 4 cara asyik dan fun untuk bisa berbahasa Inggris. Dari keempatnya, cara manakah yang kamu ingin lakukan?

Berikan Nilai Untuk Konten ini