Mengapa sih Semut Tidak Pernah Kejebak Macet?

in
Mengapa Semut Tidak Pernah Kejebak Macet
Mengapa Semut Tidak Pernah Kejebak Macet

Semut adalah serangga yang paling sering kita temui di rumah. Dan mereka sangat suka bergerak secara bersamaan dengan rombongannya. Tapi, pernah gak kamu perhatikan mereka dengan teliti, yang ternyata mereka tidak pernah kejebak macet sekalipun ketika sedang berjalan.

Menurut studi yang baru dilakukan oleh eLife menunjukkan kalau setiap semut dapat mengatur arus lalu lintas yang stabil di jembatan, walaupun jumlahnya sudah mencapai 80%.

Tidak kejebak macet

Contohnya saja jika dibandingkan dengan manusia, suatu jembatan yang telah diisi 40% manusia sudah membuat arus lalu lintas menjadi lambat dan sedikit terhambat. Lalu apa sih rahasisa semut bisa tidak kejebak macet?

Baca Juga: Begini 5 Cara Ampuh Untuk Mengusir Semut Dalam Rumah

Jawabannya ialah karena semua semut itu selalu memprioritaskan kepentingan seluruh tim.

Semut-semut akan mengorbankan kepentingan pribadinya dalam lalu lintasmeskipun sedang kepepet. Hal itu ia lakukan agar membuat seluruh sistem menjadi lebih efisien.

Semut Tidak Kejebak Macet
Semut tidak kejebak macet | republika.co.id

Semut adalah salah satu contoh prilaku kolektif. Kalau kamu perhatikan beberapa semut yang jalannya sendirian atau terpisah dari kelompoknya, maka mereka akan bersikap sebagai semut individu.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Fakta Unik Lebah, Dari Usaha Mencari Madu, Hingga Memiliki 5 Mata

Namun, jika sedang berada dalam suatu kelompok, maka mereka akan membentuk suatu kesatuan, bersikap disiplin dan fleksibel.

Baca Juga: Semut Bisa Membuat Obat Sendiri Saat Sakit

Berdasarkan penelitian yang dilakukan seorang ilmuwan di Jerman tahun 2008, ia mengamati bagaimana cara semut bisa menemukan jalan ke sumber makanannya.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa setiap jalur semut mulai tersumbat, maka semut tersebut akan memblokir jalan semut yang ingin menuju ke jalur yang tersumbat tersebut. Sehingga memaksanya untuk mencari rute alternatif.

Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa semut akan mengorbankan kepentingan pribadinya demi kepentingan seluruh tim. Ketika terjadi kepadatan di jalan, semut akan menyesuaikan diri mereka dengan mencari jalur yang tidak padat untuk dilewati. Mereka akan memastikan tidak akan lewat di jalur yang melebihi kapasitas yang sesungguhnya.

Ilmu yang bisa diambil

Dari semut kita bisa memetik banyak ilmu yang bermanfaat untuk diri kita. Dimana setiap manusia pasti memiliki konflik dalam dirinya, tapi yang paling terpenting jika sedang berada di dalam sebuah kelompok atau tim, maka konflik tersebut mesti dikesampingkan terlebih dahulu. Dan lebih mementingkan kepentingan kolektif.

ARTIKEL TERKAIT •
Kenapa ya Lalat Sangat Sulit Ditangkap atau Dipukul, Ini Alasannya

Baca Juga: Selain Semut, Inilah 6 Hewan Unik Terkecil Di Dunia

Kita sebagai makhluk yang memiliki akal, harus tidak memaksa ego untuk menguasai diri. Jika urusan yang lebih penting sudah terselesaikan, maka setelah itu kita bisa memfokuskan diri menyelesaikan masalah kita dengan tidak berada di lingkungan tim atau kelompok.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.